Jumat, 25 Januari 2013

Materi IPA (Energi Panas)

Energi Panas

Energi Panas disebut juga dengan kalor. energi pans disebut juga dengan tenaga. energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja atau usaha. tiap makhluk hidup membutuhkan energi. manusia mendapatkan energi dari nasi,dsb. hewan mendapatkan energi dari makanan seperti rumput, daging, dsb. Tumbuhan pun mendapatkan energi dengan membuat makanannya sendiiri melalui proses fotosintesis. Benda yang dapat menghasilkan energi disebut sumber energi.
Sumber energi panas ;
  • Panas Matahari (energi panas terbesar)
  • Kompor
  • Lilin yang menyala
  • Bohlam yang menyala
  • kedua tangan yang digosok-gosokkan
Alat yang digunakan sebagai pengukur suhu panas adalah termometer, dengan satuan seperti Celcius, Fahrenheit, Kelvin, ataupun Reamur. akan tetapi yang lebih sering digunakan adalah Celcius dan Fahreheit.


Perpindahan Panas

 Dalam peristiwa perpindahan panas ada 3 macam cara, yaitu ;
1. Konduksi
    Adalah perpindahan panas dengan perantara zat padat. contoh besi yang dipanaskan. Dalam peristiwa konduksi besi disebut sebagai konduktor. Konduktor adalah benda - benda yang mudah menghantarkan panas, seperti besi, aluminium, seng, baja. sedangkan Isolator adalah benda-benda yang sukar menghantarkan panas seperti, plastik, kaca, kayu.
2. Konveksi
    Adalah peristiwa perpindahan dengan perantara zat cair. Contoh memasak air lama kelamaan akan mendidih.
3. Radiasi
    Adalah peristwa perpindahan  panas tanpa zat perantara. Contoh panas matahari sampai ke bumi.


Manfaat energi panas

energi panas sangat bermanfaat bagi manusia. seperti panas matahari dapat mengeringkan baju, panas setrika dapat merapikan baju, dsb.
Panas Matahari juga dapat digunakan sebagai sumber energi listrik yang ramah lingkungan dan hemat. Dengan menggunakan Panel Surya dapat menyimpan panas matahari dan diubah menjadi energi listrik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar